PROPOSAL USAHA KEWIRAUSAHAAN
PENJUALAN ONLINE KAOS KAKI MELALUI TOKOPEDIA
Disusun Oleh :
Indri Riwayati170686
Siti Nur Fatimah170694
Anastasia Veny O. 170697
Nina Vania P.170699
Rika Oktaviola 170710
PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI
POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA
SEMARANG
2019
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sejak dulu hingga sekarang banyak orang yang menggunakan kaos kaki,baik itu untukmelindungi kaki maupun untuk kerapianpenampilan. Kaos kaki memang bukan barang yang setiap hari dibeli, namun kaos kaki sudah menjadibagian yang pokok dalam berpakaian. Pada saatpergi ke kantor maka sebelum menggunakan sepatuterlebih dahulu menggunakan kaos kaki,begitupunsaat akan pergi ke sekolah semua pelajarmenggunakan kaos kaki.
Dalam hal ini kaos kaki merupakan bagianyang termasuk penting dalam berpenampilan makapenulis mengambil ini sebagai sebuah peluang.Berjualan kaos kaki akan laku jika berjualan di lingkungan sekolah dan beberapa tempat yang dikunjungi banyak orang, yang sebagian besarmenggunakan kaos kaki. Bisnis online saat inimerupakan hal yang diminati banyak orang untukmengisi waktu luang bahkan bisa menjadi peluangusaha ataupun penghasilan utama. Oleh karena itupenulis melakukan penjualan kaos kaki secaraonline untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya untukmembuka toko.
B. TUJUAN
1. Mengetahui secara jelas mengenai usahapenjualan kaos kaki.
2. Memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.
C. MANFAAT
1. Mengembangkan usaha yang sedang dijalani.
2. Membantu berfikir secara objektif dan kritismengenai usaha yang dijalani.
3. Sebagai bentuk alat komunikasi untukmemaparkan dan meyakinkan usaha penjualankaos kaki yang sedang dijalani kepada pihaklain.
BAB II
PROFIL USAHA
A. NAMA USAHA
Usaha penjualan kaos kaki secara online lewatTokopedia dengan membuka akun toko di Tokopedia dengan nama toko Kaos Kakimu.
B. BIDANG USAHA
Usaha penjualan kaos kaki secara online termasuk di bidang usaha perdagangan yang menyediakan dan menjual kaos kaki yang nyamanuntuk digunakan, dengan bahan yang berkualitasdan tersedia dalam berbagai ukuran dan bermacamwarna.
C. ANALISA SWOT
1. Strenght
Semua orang menggunakan kaos kaki untukmelengkapi penampilan, hal ini bisa menjadipeluang usaha untuk menarik konsumen agar membeli produk kaos kaki dengan bahan yang berkualitas, nyaman dipakai, harga terjangkau.
2. Weakness
Belum mempunyai tempat untukberjualan,namun hal ini bisa diatasi denganberjualan online melalui Tokopedia.
3. Opportunity
Usaha berjualan kaos kaki ini diperkirakan akanmaju jika sudah mempunyai pelanggan tetap yang puas terhadap layanan dan produk kaos kaki yang ditawarkan. Labanya pun termasuk besar.
4. Threat
Jika dilihat memang sudah ada beberapa yang berjualan kaos kaki,namun jika kualitas produkyang dijual lebih baik dan pelanggan puas denganlayanan dan produk maka bukan tidak mungkinusaha ini akan berkembang pesat.
D. MODAL USAHA
Modal usaha : Rp. 150.000,-
Harga jual per item: Rp. 12.000,-
Keuntungan : -
Belum ada keuntungan karena produk belum adayang terjual.
BAB III
ANALISA LINGKUNGAN
A. PRODUK DAN SEGMENTASI PASAR
1. Produk
Kaos kaki ini memiliki bahan yang halus.Namun juga tersedia kaos kaki dengan kualitaspasaran yang harganya lebih murah.
2. Segmentasi pasar
Semua usia karena hampir semua orang menggunakan kaos kaki untuk pergikesekolah,kekampus dan kerja.
B. TARGET PASAR
Target pasar mencangkup anak-anak,remaja,orang dewasa yang masihmembutuhkan kaos kaki untuk kegiatan sehari-hari.
C. MARKETING
Marketing yang digunakan strategi promotion, place dan price. Kami tidak menggunakan produkkarena kami tidak memproduksi sendiri,kamihanya mengambil barang dari reseller.
1. Promotion
Promosi yang dilakukan melalui media social instagram, whatsapp, dan penjualan offlinedengan menawarkan dilingkungan kampusmaupun tempat kerja.
2. Place
Penjulan kaos kaki dilakukan secara onlinedengan membuka akun toko di Tokopedia.
3. Price
Harga yang ditetapkan cukup murahdibandingkan dengan kaos kaki yang dijual di online shop lainnya, dengan kualitas kaoskaki yang lebih baik dan eye catching.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kebutuhan akan fashion di era sekarang inisudah menjadi kebutuhan yang dapat dikatakanpenting, dengan menjual kaos kaki diharapkanmenjadi sebuah peluang usaha yang bisamendatangkan penghasilan tambahan dan produkyang dijual bisa memberikan kepuasan terhadapkonsumen yang membeli.
B. SARAN
Untuk memulai sebuah usaha dibutuhkanniat dan keberanian, karena bisnis tersebut bisajuga berasal dari apa yang anda sukai dan tekuni. Bisnis juga tidak harus selalu bisnis dibidang jasasaja, karena sebuah hobi yang anda miliki bisamenjadi bisnis yang tidak terduga jika andabersungguh – sungguh dalam menjalankannyadan jangan takut gagal untuk memulai.
LAMPIRAN
1. AKUN TOKO ONLINE TOKOPEDIA
2. PRODUK
3. PROMOSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar